Layanan

PENGGUNAAN APLIKASI MANDIRI SISTEM MONITORING CUKAI (SIMONCU)

Intruksi kerja ini sebagai petunjuk rinci yang menguraikan bagaimana Penggunaan Aplikasi Mandiri Sistem Monitoring Cukai (SIMONCU).

Ruang Lingkup : Instruksi kerja ini diterapkan pada kegiatan penggunaan Aplikasi Mandiri Sistem Monitoring Cukai (SIMONCU).

Instruksi Kerja  :

  1. Pengusaha mengajukan permohonan tertulis NPPBKC (PMCK-6) beserta dengan dokumen pelengkapnya
  2. Kepala KPPBC menerima dan mendisposisikan kepada Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai
  3. Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai meneliti dan mendisposisikan kepada Kasubsi Hanggar Kepabeanan dan Cukai
  4. Kasubsi Hanggar Kepabeanan dan Cukai meneliti dan mendisposisikan kepada Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai
  5. Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai melakukan penelitian lebih lanjut
  6. Dalam hal persyaratan telah lengkap, Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai membuat Konsep Nota Pendapat dan Konsep Surat Keputusan Pemberian NPPBKC atau Surat Penolakan untuk kemudian diserahkan kepada Kasubsi Hanggar Kepabeanan dan Cukai
  7. Kasubsi Hanggar Kepabeanan dan Cukai meneliti dan memaraf kemudian menyerahkan kepada Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai
  8. Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai meneliti, dan menandatangani Nota Pendapat serta memaraf Konsep keputusan pemberian NPPBKC atau surat penolakan
  9. Kepala KPBC meneliti dan menandatangani Surat Keputusan Pemberian NPPBKC (beserta Piagam NPPBKC) atau Surat Penolakan
  10. Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai menerima, mengarsip, dan mendistribusikan Surat Keputusan Pemberian NPPBKC (beserta Piagam NPPBKC)  atau Surat Penolakan
  11. Pengusaha menerima Surat  Surat Keputusan Pemberian NPPBKC (beserta Piagam NPPBKC) atau Surat Penolakan
  12. Direktur Cukai dan Kepala Kanwil menerima salinan Keputusan dan NPPBKC (beserta Piagam NPPBKC) atau Surat Penolakan
  13. Dalam hal terdapat kekurangan persyaratan, Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai membuat Konsep surat pemberitahuan kekurangan persyaratan untuk kemudian diserahkan kepada Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai, beserta PMCK-6 beserta lampirannnya untuk dikembalikan kepada pemohon.
  14. Kasubsi Hanggar Kepabeanan dan Cukai meneliti dan memaraf kemudian menyerahkan kepada Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai
  15. Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai meneliti dan memaraf kemudian menyerahkan kepada Kepala KPPBC
  16. Kepala KPPBC meneliti dan menandatangani Surat Pemberitahuan Kekurangan Persyaratan kemudian memerintahkan Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai untuk diarsip dan didistribusikan
  17. Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai mengarsip dan mendistribusikan Surat Pemberitahuan Kekurangan Persyaratan  kepada Pengusaha
  18. Pengusaha menerima Surat Pemberitahuan Kekurangan Persyaratan
  19. Apabila Pengusaha telah melengkapi kekurangan persyaratan sesuai dengan Surat Pemberitahuan Kekurangan Persyaratan maka kembali ke nomor 1
  20. Pelaksana menginput data NPPBKC yang telah disetujui oleh Kepala kantor pada aplikasi SIMONCU
  21. Pelaksana mengarsipkan berkas NPPBKC ke dalam kardus arsip sesuai dengan jenis kegiatan dan tahun terbit NPPBKC
  22. Pelaksana menarik data NPPBKC dari aplikasi SIMONCU untuk dilaporkan kepada Kepala Seksi Cukai pada setiap awal bulan.

Disiapkan

Disetujui

Disahkan

 

 

 

 

Kepala Seksi PKC II

 

 

 

 

Kepala Seksi Kepatuhan Internal

 

 

 

 

Kepala Kantor