Sosialisasi BTKI 2017 dan Peraturan Kepabeanan Lainnya

Sehubungan dengan akan diberlakukannya BTKI Tahun 2017, maka KPPBC TMP A Jakarta mengadakan acara Sosialisasi BTKI 2017 dan Peraturan Kepabeanan Lainnya pada hari Kamis 23 Pebruari 2017 di Aula KPPBC TMP A Jakarta yang dimulai pada pukul 09.45 WIB.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, Sdri. Lintang dan Sdr. Kharits. Kemudian dilanjutkan oleh pembacaan doa oleh Sdr. Irwansyah dan kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta sosialisasi. Selanjutnya sambutan oleh Kepala Kantor Bapak Chaerul Saleh.

Memasuki acara inti adalah pemaparan Sosialisasi BTKI oleh Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Bapak Robert Simanjuntak. Pak Roberth menjelaskan bahwa sistem klasifikasi menurut BTKI 2017 adalah dengan menggunakan pos tarif 8 digit untuk nasional dan pos tarif 6 digit untuk internasional. KPPBC TMP A Jakarta mandatory menggunakan pos tarif 8 digit sejak tanggal 1 maret  2017 sehingga perlu kesiapan dari para pengguna jasa serta pegawai dalam menggunakan BTKI ini. Pengajuan PIB dan PEB yang telah mendapatkan nopen mulai tanggal 1 Maret 2017 harus sudah menggunakan Pos Tarif 8 digit sesuai dengan BTKI 2017. Jika masih menggunakan Pos Tarif 10 digit akan mendapatkan respon reject. Diharapkan pennguna jasa dapat segera menyesuaikan perubahan ini untuk proses ekspor dan impor selanjutmya.

Untuk materi sosialisasi ini dapat didownload pada menu data dan publikasi di website KPPBC TMP A Jakarta.