Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Integritas Pegawai

Aula KPPBC TMP A Jakarta tampak berbeda pada hari Rabu 22 Maret 2017. Terlihat beberapa ibu-ibu berbincang dengan pegawai sembari memegang anak kecil. Ibu-ibu ini adalah istri dari pegawai bea cukai dan anak-anak ini adalah putera dan putrinya. Berbeda dari acara peningkatan integritas yang rutin diadakan sebelumnya, kali ini panitia menargetkan peserta bukan hanya dari pegawai maupun para pengguna jasa, melainkan keluarga dari pegawai bea cukai sendiri.

   
   

                Dengan pembukaan doa dan dilanjutkan sajian lagu nasional dari halimkustik, acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala KPPBC TMP A Jakarta Chairul Saleh. Memasuki acara inti, acara yang dimoderatori langsung oleh Kepala KPPBC TMP A Jakarta ini dimulai dengan pembacaan singkat CV dari pembicara yakni Bp. Abdullah Hehamahua, mantan penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi.

                Pria kelahiran Ambon ini memberikan pemahaman kepada hadirin mengenai integritas mulai dari terminologi bahasa hingga sikap, tindakan, dan pengalaman yang pernah dihadapinya. Dengan usia yang bisa dibilang tidak muda lagi, Bpk. Abdullah tetap bersemangat membagi pemahaman dan pengetahuannya mengenai integritas juga melalui contoh-contoh sederhana yang ada dalam kehidupan. Bpk. Abdullah pun tidak segan mengajak hadirin untuk tampil kedepan maupun berdialog dengan hadirin mengenai materi yang dibawakannya dan menjadikan acara makin semarak.

 

              

                 Acara yang berlangsung penuh antusiasme ini diakhiri dengan closing statement pembicara. “ Melakukan sesuatu itu harus secara kaffah / sempurna, misalnya Bapak/Ibu ambil soal disiplin atau tepat waktu. Misalkan berangkat jam kerja pukul 07.30, datanglah pukul 07.00 paling tidak pukul 07.15. Dari situ akan terbiasa dan bergerak ke hal-hal yang lebih baik”. Setelah foto bersama hadirin dan pembicara, dipimpin langsung oleh Ibu Sri Soegiarti yang merupakan istri dari Bpk. Chairul Saleh selaku Kepala KPPBC TMP A Jakarta diadakan sharing session singkat bersama istri pegawai yang hadir.