Berita

Bea Cukai Jakarta terima kunjungan dari Indonesian Diaspora SME-SMI Export Empowerment and Development (ID SEED)

Jakarta, Selasa 18 Juni 2019 – Bea Cukai Jakarta terima kunjungan dari Indonesian Diaspora SME-SMI Export Empowerment and Development (ID SEED), organisasi Indonesia Diaspora yang bergerak di dalam pengembangan UKM-IKM berorientasi ekspor dengan program pembinaan dan pendampingan UKM-IKM Indonesia yang bertujuan untuk mendorong peningkatan ekspor Indonesia ke mancanegara.

Ketua Umum ID SEED, Ira Damayani mengatakan, kunjungan perdana ini bermaksud untuk menjalin kerja sama dan mendapatkan arahan terkait kepabeanan dan cukai.

“Salah satu program yang sedang kami sinergikan dengan Kementerian Koperasi dan UKM yaitu program AMEN (ASEAN Mentoring Entrepreneurship Network) dalam upaya meningkatkan UKM Go Global & Go Ekspor,” ungkap Ira.

Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh menyambut senang kehadiran dari Indonesia Diaspora. Menurutnya, hal ini tentu baik bagi kedua pihak untuk saling mengenal dan mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kegiatan ekspor, khususnya di sektor UKM-IKM.

“Memiliki salah satu tugas sebagai trade fasilitator, Bea Cukai mempunyai program yang disebut KITE-IKM yaitu Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah,” ungkap Chairul.

Chairul menyampaikan, melalui program ini pengusaha mendapatkan beberapa fasilitas kepabeanan dan cukai yaitu pembebasan bea masuk dan tidak dipungut PPN dan PPnBM.

Untuk menopang IKM, terdapat juga Pusat Logistik Berikat (PLB), barang-barang impor yang masuk untuk diexpor kembali bisa dititipkan terlebih dahulu di PLB, ujarnya.

“Dengan begitu, pengusaha dapat menghemat biaya sebab tidak dikenakan bea masuk dan PDRI saat mengimpor bahan baku, mesin atau barang contoh,” pungkas Chairul.