Berita

Bea Cukai Jakarta Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Jakarta, 1 Juni 2019 – Bea Cukai Jakarta menggelar Upacara Bendera Merah Putih memperingati Hari Kelahiran Pancasila yang mengusung tema “Kita Indonesia Kita Pancasila”. Tak kurang dari 600 orang yang terdiri dari pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dan Instansi sekitar turut hadir mengikuti upacara yang diselenggarkan di area Lapangan Bandara Halim Perdanakusuma.

Pada kesempatan ini, Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh mengutip sambutan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan sebagai sebagai pandangan hidup, Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa yang hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pancasila merajut keberagaman Indonesia yang menjadi indentitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila sebagai dasar negara merupakan perekat bangsa Indonesia, sehingga bangsa ini bersatu, dan menjadi motivasi untuk hidup berbagi, sekaligus memberikan semangat bagi putra putri bangsa ini untuk terus memperjuangkan cita-cita Bangsa Indonesia yaitu terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” papar Chairul.

Ia melanjutkan, Indonesia negara besar yang memiliki kemajemukan ras, etnis, agama, kepercayaan, bahasa dan budaya yang telah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang. Negara Republik Indonesia ini bukan milik suatu golongan; bukan milik suatu agama; bukan milik suatu suku; bukan milik suatu golongan adat- istiadat saja, tetapi milik kita semua. Sejak lama Indonesia hidup rukun dan bahagia dalam keberagamannya. Menilik sejarah tersebut, tidak sepatutnya kita mudah terpecah belah. Persatuan dan kesatuan bangsa haruslah dikedepankan.

Proses demokrasi pemilihan pemimpin bangsa yang baru saja kita lalui seharusnya tidak membuat kita terpecah belah. Jangan karena berbeda pilihan, persatuan bangsa Indonesia diciderai, imbuh Chairul.

“Marilah bersama-sama kita bergandengan tangan dan berjuang untuk menjaga rumah kita, tanah air Indonesia, karena kita semua satu, Kita Indonesia Kita Pancasila,” ungkapnya.

Peringatan hari lahir Pancasila yang ketiga kali ini bertepatan pada akhir bulan Ramadhan. Di bulan Suci yang penuh berkah, kita semua dapat memaknai Ramadhan untuk mengasah jiwa dan raga, agar kita menjadi pribadi yang dapat menjaga kebersihan hati, tutur kata dan pikiran. Buah dari puasa kita, di bulan Syawal yang akan hadir beberapa hari lagi, kita semua kembali ke fitra menjadi manusia yang bersih dan suci.

Mulai hari ini, mari kita menguatkan simpul-simpul persatuan dalam keberagaman, menggalang semangat berbagi, dan bekerja sama melintasi batas-batas identitas dan golongan. Mari kita hidupkan kembali semangat persatuan, gotong royong, dan keberagaman yang saling menguatkan satu sama lain.

“Mari kita merajut kembali persatuan kita, persaudaraan kita dan kerukunan kita, karena Indonesia adalah rumah kita bersama. Semoga Nilai-Nilai Pancasila selau mengalir dalam jiwa sanubari dan hati kita semua. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tandas Chairul.