Berita

Kantor Bea Cukai Jakarta Menuju Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh memberikan sambutan saat acara pencanangan Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh memberikan sambutan saat acara pencanangan Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Jakarta – Bea Cukai Jakarta menggelar acara bertajuk pencanangan Zona Integritas menuju predikat wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM), Selasa (15/1/2019). Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas instruksi Menteri Keuangan agar mempercepat dan memperbanyak Unit di lingkungan Kementerian Keuangan yang mendapat predikat WBK-WBBM.

Dihadiri oleh seluruh stakeholder dan perwakilan dari instansi sekitar diantaranya yaitu PT Angkasa Pura II, Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur, dan Badan Karantina. Pada momen ini dilakukan penandatanganan piagam “Komitmen Bersama Antikorupsi”. “Komitmen dan dukungan dari seluruh stakeholder sangat penting dalam mewujudkan Kantor Bea Cukai Jakarta Menuju Predikat WBK dan WBBM,” ujar Chairul.

Chairul menjelaskan WBK – WBBM merupakan salah satu implementasi dari Peraturan Presiden nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Desain Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan reformasi birokrasi. Peraturan tersebut menargetkan  tercapainya  tiga sasaran  hasil  utama   yaitu  peningkatan  kapasitas  dan  akuntabilitas organisasi,  pemerintah  yang  bersih  dan  bebas  KKN,  serta  peningkatan pelayanan  publik.

“Predikat WBK diberikan  kepada  suatu  unit  kerja  yang  memenuhi  sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM,     penguatan     pengawasan,     dan penguatan akuntabilitas kinerja,” ungkap Chairul.

Sebagai langkah nyata mewujudkan predikat WBK-WBBM, Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta telah menerbitkan Keputusan Nomor: 06/WBC.08/KPP.MP.01/2019 tentang pembentukan tim WBK-WBBM. Tim ini berisikan Kepala Kantor selaku penanggung jawab, Pejabat Eselon IV dan Eselon V, serta staf pelaksana yang berperan langsung terhadap proses membangun Zona Integritas WBK-WBBM diantaranya yaitu tim penguatan akuntabilitas, manajemen perubahan, peningkatan kualitas pelayanan publik, penguatan pengawasan, manajemen sumber daya manusia, dan tata laksana.

“Dengan kerja keras seluruh jajaran pegawai dan dukungan dari stakeholder, saya berharap kantor Bea Cukai Jakarta berhasil meraih predikat WBK-WBBM,” pungkas Chairul.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah DJBC Jakarta Decy Arifinsjah mengatakan Kanwil Jakarta akan terus memberikan dukungan serta asistensi bagi Kantor Bea Cukai Jakarta dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju predikat WBK-WBBM.

“Saya yakin Kantor Bea Cukai Jakarta berhasil meraih predikat WBK-WBBM pada tahun 2019 ini, dan menjadi motivasi bagi unit kerja lain untuk meraih predikat WBBK-WBBM,” ungkap Decy Arifinsjah.

Senada dengan Decy, Manager Logistic PT SJ Indonesia, Abdullah Sani menyambut senang pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi yang dilakukan Kantor Bea Cukai Jakarta.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Kantor Bea Cukai Jakarta dalam pembangungan wilayah bebas dari korupsi. Semoga dengan menyandang predikat wilayah bebas dari korupsi membuat pelayanan dan pengawasan Kantor Bea Cukai Jakarta menjadi lebih baik,” tandas Sani.