Berita

Bea Cukai Jakarta Menuju Predikat Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh memimpin Apel Luar Biasa dalam rangka pencanangan WBK WBBM
Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh memimpin Apel Luar Biasa dalam rangka pencanangan WBK-WBBM.

Diharapkan setiap pegawai dapat memberikan atensi lebih dan dukungan kepada Kantor Bea Cukai Jakarta dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayanai (WBBM). Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor KPPBC TMP A Jakarta Bapak Chairul Saleh saat Apel Luar Biasa di KPPBC TMP A Jakarta, Senin (7/1/2019).

“Kantor kita merupakan unit kerja/satuan kerja yang ditunjuk mengikuti lomba untuk memperoleh predikat menuju WBK-WBBM yang dapat menjadi percontohan penerapan pada unit satker lain,” ungkap Bapak Chairul Saleh.

Untuk diketahui, WBK – WBBM merupakan salah satu implementasi dari Peraturan Presiden nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Desain Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan reformasi birokrasi. Peraturan tersebut menargetkan  tercapainya  tiga sasaran  hasil  utama   yaitu  peningkatan  kapasitas  dan  akuntabilitas organisasi,  pemerintah  yang  bersih  dan  bebas  KKN,  serta  peningkatan pelayanan  publik.

Predikat Menuju WBK adalah predikat yang  diberikan  kepada  suatu  unit  kerja  yang  memenuhi  sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM,     penguatan     pengawasan,     dan     penguatan  akuntabilitas kinerja. Sementara itu, Predikat Menuju WBBM adalah predikat   yang   diberikan   kepada   suatu   unit   kerja/satuan kerja yang sebelumnya telah mendapat predikat Menuju WBK dan memenuhi    sebagian    besar    manajemen    perubahan,    penataan tatalaksana,     penataan     sistem     manajemen     SDM,     penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Sebagai langkah nyata mewujudkan predikat WBK-WBBM, Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta menerbitkan Keputusan nomor  06/WBC.08/KPP.MP.01/2019 tentang pembentukan tim WBK-WBBM. Tim ini berisikan Kepala Kantor selaku penanggung jawab, Pejabat Eselon IV, eselon V, dan pelaksana yang bertugas dan berperan langsung terhadap proses membangun Zona Integritas WBK-WBBM diantaranya yaitu tim penguatan akuntabilitas, manajemen perubahan, peningkatan kualitas pelayanan publik, penguatan pengawasan, manajemen sumber daya manusia, dan tata laksana.

Tidak hanya menugaskan tim tersebut, tetapi juga seluruh pegawai diminta untuk turut berpartisipasi dalam membangun ZI WBK-WBBM. Pada momen ini juga, seluruh pegawai mengucapkan ikrar WBK-WBBM sebagai salah satu bentuk dukungan moral dan semangat kebersamaan mencapai predikat WBK-WBBM.

Ikrar WBK-WBBM

  1. Menjunjung tinggi kejujuran, integritas, dan etika dalam bekerja
  2. Profesional dan transparan dalam memberikan  pelayanan publik
  3. Memberikan teladan dalam pencegahan korupsi
  4. Melaksanakan ikrar ini dengan ikhlas dan sepenuh hati