Berita

Piloting Project Aplikasi SAC3 : Bea Cukai Jakarta Kembali Menjadi Kantor Uji Coba

Jakarta, 05/12. Kantor Bea Cukai Jakarta menjadi salah satu kantor pelaksanaan uji coba (Piloting) Aplikasi Cukai terbaru. Aplikasi tersebut dinamakan ExSIS/SAC3 ( Excise Services and Information System / Sistem Aplikasi Cukai Versi 3.

Bertempat di aula Kantor Bea Cukai Jakarta, Tim dari Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai (IKC) dan Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai melakukan Asistensi, Pelatihan, dan Pendampingan Piloting Aplikas ExSIS/SAC3 kepada para pengusaha / stakeholders  Barang kena cukai (pabrik, importir dan tempat penyimpanan) di wilayah pengawasan Kantor Wilayah DJBC Jakarta. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan pengawasan di bidang Cukai dan memudahkan pengelolaan data cukai.

Aplikasi ExSIS/SAC3  tersebut secara bertahap akan diterapkan secara penuh (mandatory) di seluruh  Kantor Bea Cukai se-Indonesia. Sebelum dilakukan mandatory di seluruh Kantor Bea Cukai se-Indonesia dilakukan piloting di beberapa kantor yang ditunjuk, yaitu Kantor Bea Cukai Jakarta dan Kantor Bea Cukai Marunda. Selain itu, dilakukan juga pengembangan menu monitoring data dan dokumen cukai pada Aplikasi ExSIS/SAC3 untuk Kantor Wilayah. Sehingga dilakukan asistensi terhadap Kanwil DJBC Jakarta.

Rangkaian kegiatan asitensi, pelatihan dan pendampingan Sistem SAC3 dilakukan mulai tanggal 05 Desember sampai 07 Desember 2018. Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta,Bapak Chairul Saleh. Sebagai narasumber, Tim diketuai oleh Bapak Didit Rudy Setyawan selaku Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi dan Bapak Metodius Supriyanto selaku Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas IPada tanggal 05 Desember 2018 kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berupa sosialisasi kepada para pengusaha / stakeholders  Barang Kena Cukai (pabrik, importir dan tempat penyimpanan) di wilayah pengawasan Kantor Wilayah DJBC Jakarta. Pada sesi kedua, khusus untuk para pejabat dan pegawai Bea Cukai Jakarta, Maruda dan Kanwil DJBC Jakarta. Dan apabila terdapat kendala selama uji coba aplikasi, Tim standby pada kantor Piloting  yaitu Kantor Bea Cukai Jakarta dan Marunda dari tanggal 06-07 Desember 2018.

-PLI 2018-