Berita

Optimalkan Implementasi Pertukaran Data Elektronik (PDE) Internet, Bea Cukai Jakarta Adakan Sosialisasi Dan Asistensi Instalasi PDE Internet Modul PIB Dan PEB

Jakarta, 13/11, Bea Cukai Jakarta selenggarakan Sosialisasi dan asistensi instalasi modul PDE Internet PIB (Pemberitahuan Impor Barang) dan PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) yang dihadiri oleh importir, eksportir, Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) yang merupakan Pengguna jasa di wilayah lingkungan KPPBC TMP A Jakarta.

Pada acara sosialisasi kali ini juga dilakukan penginstalan modul PDE Internet PIB dan PEB  serta penjelasan cara penerapan PDE Internet.

Modul PDE internet ini merupakan perkembangan dan inovasi dari Tim Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai. Beberapa hal yang melatarbelakangi penggunaan PDE internet di antaranya agar pelayanan Bea Cukai lebih efektif dan efisien, optimalisasi pemanfaatan infrastruktur TIK DJBC dan integrasi National Single Window (NSW) menggunakan PDE internet. 

 “Keunggulan penggunaan PDE Internet yaitu bisa digunakan dimana saja tanpa harus membuka jalur seperti pada pengiriman PIB menggunakan modul EDI (Electronic Data Interchange), serta dapat menggunakan jaringan internet biasa dan tidak lagi bergantung dengan satu provider.” Ujar Andhika Yudhistira selaku narasumber pada acara kali ini.

Tata cara, prosedur, operasional program aplikasi baik dari modul perusahaan maupun inhouse aplikasi pelayanan kepabeanan serta proses bisnis tidak terdapat perbedaan, hanya media penyampaian yang berbeda dimana sudah tidak menggunakan pihak ketiga (provider).