Berita

Aturan Cukai Vape Mulai Diberlakukan, Bea Cukai Jakarta Adakan Sosialisasi

Jakarta, 25/09/2018. Kantor Bea Cukai Jakarta (KPPBC TMP A Jakarta) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Terkait Pengenaan Cukai Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) khususnya Vape. Melaluian Menteri Keuangan Nomor PMK 146/PMK.04/2017, cukai terhadap vape mulai diberlakukan tanggal 1 Juli 2018. Namun dalam pelaksanannya, Bea Cukai memberikan relaksasi hingga 1 Oktober 2018.

Narasumber dalam acara yang berlangsung di Aula Kantor Bea Cukai Jakarta ini adalah Tim dari Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai Kantor Pusat DJBC yang dipimpin oleh Kepala Seksi Tarif Cukai dan Harga Dasar II, Mukhlis Atmawiria. Peserta sosialisasi merupakan para pengusaha Vape (Brewer dan Importir) dan anggota Asosiasi Vape (APVI) yang berada di wilayah kerja kantor Bea Cukai Jakarta. Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh memberikan sambutan sebelum acara dimulai.

 

Acara sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan berkelanjutan yang dilakukan oleh Bea Cukai Jakarta terkait peraturan Vape. Setelah sebelumnya Bea Cukai Jakarta melakukan sharing sessions kepada para Asosiasi Vape yang berada di Jakarta dan juga berpartisipasi pada Acara Vape Fair 2018 yang diadakan beberapa waktu lalu. Diharapkan pada 01 Oktober 2018 mendatang seluruh cairan vape yang beredar di pasaran sudah dilekati dengan pita cukai sebagai tanda telah dilunasi pungutan cukainya.