Berita

Rangkaian Customs Visit Customers (CVC)  Bea Cukai Jakarta ke Tempat Penjualan Eceran  

 

Jakarta,31/01. Kegiatan Customs Visit Customer (CVC) merupakan salah satu program KPPBC TMP A Jakarta berupa kunjungan dari pejabat maupun petugas Bea Cukai ke para stakeholders / pengguna jasa di wilayah kerja KPPBC TMP A Jakarta dengan tujuan memberikan edukasi atau penyuluhan tentang peraturan – peraturan kepabeanan maupun cukai terakit.

Pada CVC perdana di awal tahun ini, Pejabat dan Petugas KPPBC TMP A Jakarta memberikan penyuluhan ke beberapa Tempat Penjual Eceran (TPE) yang beradai di wilayah kerja KPPBC TMP A Jakarta, seperti  Hotel, Restoran, Karaoke yang tersebar di daerah Kebayoran, Lebak Bulus, Kemang, Kuningan, dan Sudirman. CVC ini telah berlangsung selama beberapa hari, dari tanggal 16 Januari 2018 sampai dengan 31 Januari 2018.

Salah satu kegiatan edukasi yang dilakukan oleh Pejabat dan Petugas Bea Cukai KPPBC TMP A Jakarta berupa pengenalan teknik identifikasi awal keaslian Pita Cukai, dan mengingatkan kembali kewajiban – kewajiban yang harus dimiliki oleh TPE, seperti kewajiban mempunyai NPPBKC dan pencatatan sebagaimana diatur dalam peraturan terkait.

Kegiatan tersebut  merupakan upaya preventif oleh KPPBC TMP A Jakarta agar TPE – TPE yang berada di wilayah kerja KPPBC TMP A Jakarta menaati peraturan terkait dengan harapan tingkat pelanggaran yang terjadi sebelumnya dapat berkurang. Kegiatan CVC ini dilakukan oleh  dengan koordinasi dari beberapa Seksi yang ada di KPPBC TMP A Jakarta, seperti Seksi Peyuluhan Layanan Informasi, Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai, dan Seksi Penindakan dan Penyidikan.

Bravo Bea Cukai

-Seksi Penyuluhan Layanan Informasi 2018-