Berita

Bea Cukai Jakarta melaksanakan Survei Minuman Bergula dalam Kemasan (MBDK) dan Pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) Produk Hasil Tembakau Periode Juni 2022

Jakarta – Bea Cukai Jakarta melaksanakan Survei Minuman Bergula dalam Kemasan (MBDK) dan Pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) Produk Hasil Tembakau Periode Juni 2022.
 
Survei Minuman Bergula dalam Kemasan ini dilaksanakan karena adanya rencana ekstensifikasi barang kena cukai terhadap Minuman Bergula dalam Kemasan. Kegiatan ini dilakukan pada mini market dengan cara mendata merek yang paling diminati, jenis kemasan, jumlah produk yang terjual per harinya dan harga satuan produk tersebut.
 
Selain itu, juga dilaksanakan monitoring harga transaksi terhadap Rokok Elektrik dan Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) terhadap toko toko di wilayah pengawasan Bea Cukai Jakarta diantaranya yaitu Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
 
Kegiatan pemantauan ini dilakukan dengan mendata produk hasil tembakau yang berada pada display/etalase di Tempat Penjual Eceran (TPE).
 
Pada momen yang sama, petugas juga memberikan edukasi terhadap pemilik toko tentang identifikasi pita cukai dan menghimbau agar produk yang dijual sesuai dengan aturan yang berlaku.