Berita

BC Jakarta Bagikan Takjil di Bulan Puasa Ramadan 1442H

Jakarta – Berkah di bulan suci Ramadan, Bea Cukai Jakarta membagi-bagikan takjil atau makanan untuk berbuka kepada masyarakat di sekitar area Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (14/4).

300 paket takjil dibagikan kepada para pengendara kendaraan bermotor yang melintas serta warga sekitar. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian gema Ramadan 1442 hijriah yang diselenggarakan oleh BC Jakarta.

Momen berbagi kepada sesama memberikan hikmah kepada kita untuk terus bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah. Tak hanya sekadar tradisi, berbagai makanan berbuka atau memberi makan orang yang berpuasa memiliki beberapa keutamaan.

Dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 261 tertulis, "Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (bersedekah) adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui."

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)