Berita

Bea Cukai Jakarta Pantau Harga Transaksi Pasar Rokok

Jakarta – Guna memastikan harga transaksi pasar (HTP) tidak melampaui batasan harga jual eceran (HJE) yang tercantum dalam pita cukai rokok, Bea Cukai Jakarta melaksanakan kegiatan pemantauan HTP selama sepekan terakhir pada 16 s.d 25 September 2020. Pemantauan HTP tersebar ke beberapa wilayah kecamatan yaitu Jatinegara, Cakung, Tanah Abang, Senen.

Pemantaun tersebut merupakan kegiatan survei untuk membandingkan harga transaksi pasar (harga jual) dengan harga jual eceran (HJE) yang tercantum dalam pita cukai rokok. Diharapkan tidak terdapat ketimpangan harga antara HJE yang telah ditentukan dengan HTP saat ini, sebab hal ini menjadi pertimbangan untuk menentukan HJE di tahun mendatang.

Kegiatan ini dilakukan petugas dengan cara mendata harga produk rokok yang berada pada etalase toko, baik toko modern maupun toko tradisional.

Pada kesempatan ini, petugas juga memberikan penyuluhan dan edukasi kepada penjual tentang rokok ilegal. Ciri-ciri rokok ilegal seperti tidak berpita cukai, menggunakan pita cukai bekas, pita cukai palsu, dan tidak sesuai peruntukkannya. Pasalnya, rokok dengan pita cukai ilegal tidak hanya berbahaya dikonsumsi tetapi juga merugikan negara dan mengancam industri hasil tembakau.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memantau perkembangan harga pada tingkat konsumen akhir dan memberantas rokok ilegal di Indonesia.
#BeaCukaiMakinBaik
#GempurRokokIlegal