Berita

Bea Cukai Jakarta Ikuti Latihan Gabungan Force Down Pesawat Asing

Jakarta – Bea Cukai Jakarta turut serta dalam latihan gabungan simulasi force down atau pemaksaan mendarat pesawat asing yang masuk ke wilayah Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh TNI AU di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jumat (4/9).

Latihan Bersama ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Penandatanganan Kesepakatan Bersama (PKB) tentang Penanganan Pesawat Udara Asing Setelah Pemaksaan Mendarat (Force down) yang dilakukan pada tanggal 24 Februari 2020 lalu dengan melibatkan 12 kementerian/lembaga (K/L).

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pelatihan ini diberikan dengan maksud agar K/L terkait dapat melakukan koordinasi khususnya dalam penanganan pesawat udara asing setelah pemaksaan mendarat (force down).

“Setiap K/L dapat mengetahui dan melaksanakan fungsi dan tugas masing-masing dengan maksimal saat penanganan setelah pemaksaan darat atau force down pesawat asing,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mahfud mengharapkan kegiatan ini dapat mengoptimalkan penegakan hukum serta penanganan pesawat asing setelah pemaksaan mendarat dilaksanakan secara efektif.

Bea Cukai turut andil dalam latihan gabungan ini karena perannya sebagai community protector yaitu menjaga dan melindungi negara dari masuknya barang-barang ilegal dan berbahaya.


#BeaCukaiMakinBaik

@kemenkeuri
@beacukairi