Berita

Bea Cukai Jakarta Musnahkan BMN Hasil Penindakan

Bogor – Bea Cukai Jakarta melakukan pemusnahan barang milik negara (BMN) dari hasil penindakan sebagai bentuk transparansi pelaksanan tugas dan fungsi Bea Cukai dalam mengamankan hak-hak penerimaan negara dan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari barang-barang ilegal.

Pemusnahan BMN dilakukan menggunakan fasilitas greenzone PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) di Narogong, Bogor, Rabu (2/9). BMN yang dimusnahkan merupakan hasil operasi tegahan Bea Cukai Jakarta karena didapati melanggar UU Kepabeanan, UU Cukai, dan UU Pornografi.

Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Untung Purwoko menyampaikan alasan BMN dimusnahkan karena BMN tidak dapat digunakan, tidak dimanfaatkan, dan/atau tidak dipindahtangankan, atau alasan lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Barang-barang yang dimusnahkan di antaranya Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal, produk hasil tembakau ilegal, produk komestik, obat-obatan dan suplemen, dan produk elektronik yang masuk kategori larangan dan pembatasan,” ujarnya.

Pemusnahan dilakukan berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 83/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemusnahan dan Penghapusan Barang Milik Negara.

Pada kesempatan yang sama, Operational & Field Services Manager PT SBI, Danang Wibawa mengatakan terima kasih atas kepercayaan Bea Cukai Jakarta dalam melakukan pemusnahan menggunakan fasilitas greenzone PT SBI dengan metode Co-Processing yaitu menggunakan tanur semen bersuhu tinggi.

“Dengan suhu mencapai 2.000 derajat celcius dan stabil, dapat memusnahkan limbah tanpa meninggalkan residu apapun,” tandasnya.