Berita

Bea Cukai Jakarta Musnahkan 84.000 Botol MMEA Kadaluarsa

Bogor - Bea Cukai Jakarta mengawasi secara langsung proses pemusnahan minuman mengandung etil alkohol (MMEA) milik PT Pantja Artha Niaga di fasilitas greenzone PT Solusi Bangun Indonesia (SBI), Narogong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/8).

Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai, Muhammad Iqbal Reza menyampaikan sebanyak 84.000 botol MMEA dimusnahkan karena telah memasuki masa kadaluarsa. Proses pemusnahan disaksikan langsung oleh petugas bea cukai guna memastikan proses pemusnahan dilaksanakan dengan benar dan sesuai prosedur.

“Selain diawasi secara langsung agar tidak disalahgunakan, proses pemusnahan MMEA juga dilakukan dengan metode pengolahan limbah yang aman dan ramah lingkungan,” ujar Iqbal.

Operational & Field Services Manager PT SBI, Danang Wibawa mengatakan pemusnahan tersebut dilakukan dengan metode Co-Processing yaitu menggunakan tanur semen milik PT Solusi Bangun Indonesia yang bersuhu tinggi.
“Dengan suhu mencapai 2.000 derajat celcius dan stabil, dapat memusnahkan limbah tanpa meninggalkan residu apa pun,” tandasnya.