Berita

Dukung Pameran Internasional, Bea Cukai Jakarta Adakan Audiensi dengan Penyelenggara Pameran Berikat

Jakarta – Bea Cukai Jakarta mengadakan audiensi dengan pengguna jasa Tempat Penyelengara Pameran Berikat (TPPB) dan Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK), Rabu (5/2). Pertemuan ini membahas terkait rencana kegiatan pameran yang akan diselenggarakan sepanjang tahun 2020.

Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Untung Purwoko mengatakan siap mendukung kegiatan pameran yang akan diselenggarakan. “Saya mengimbau kepada seluruh pihak, baik itu penyelenggara pameran atau PPJK untuk mempersiapkan dokumen kepabeanan dan perizinan instansi terkait terhadap barang-barang yang akan dipamerkan,” ungkap Untung.

Sebagai contoh, ia melanjutkan, barang-barang yang dipamerkan yaitu benih tanaman, obat-obatan telah mengurus perizinan dari Balai Karantina dan BPOM. “Barang-barang berisiko tinggi yang berdampak pada manusia seperti obat-obatan, makanan dan benih perlu adanya dukungan sertifikasi instansi terkait,” tegas Untung.

Lebih lanjut, Untung mengingatkan kepada seluruh stakeholder di TPPB untuk menyelesaikan kewajiban kepabeanan atas barang-barang setelah pameran berakhir. Pasalnya, barang-barang di TPPB mendapat fasilitas penangguhan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor. “Barang impor yang dipamerkan harus dikeluarkan dari TPPB dengan tujuan diekspor kembali atau dibayar kewajiban kepabeanannya (BC 2.5),” pungkasnya.