Berita

Bea Cukai Jakarta Awasi Kegiatan Perusakan Bahan Penolong di Kawasan Berikat

Jakarta – Bea Cukai Jakarta melakukan pengawasan kegiatan perusakan bahan penolong di kawasan berikat (KB) PT Akzo Nobel Car Refinishes Indonesia, di Pulo Gadung, Jakarta Timur, kemarin (16/1). Bahan penolong yang dirusak di antaranya yaitu kaleng cat dan label kemasan yang tidak digunakan lagi dalam proses produksi.

Kepala Subseksi Bea dan Cukai Tri Hartati menyampaikan pengawasan terhadap kegiatan ini dilakukan karena barang-barang yang masuk ke kawasan berikat mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan tidak dipungut dalam rangka impor (PDRI). “Karena mendapat fasilitas, seluruh kegiatan di kawasan berikat berada di bawah pengawasan bea cukai, termasuk proses perusakan,” ungkap Tri Hartati.

Berdasarkan Peraturan Dirjen Bea dan Cukai Nomor Per-19/BC/2018 tentang Tata Laksana Kawasan Berikat, pengusaha KB atau PDKB dapat melakukan perusakan atas barang yang berada di Kawasan Berikat yang karena sifat dan bentuknya tidak dapat dimusnahkan setelah mendapat persetujuan Kepala Kantor Pabean.

Pada momen ini, Site Operation Manager PT Azko Nobel Car Refinishes Indonesia, Yudi Darmawan menyampaikan bahan penolong berupa kaleng cat dirusak hingga penyok dan/atau bolong sedangkan untuk label/kertas direndam menggunakan air di dalam drum sehingga barang tersebut tidak dapat difungsikan sesuai peruntukkannya.

“Terima kasih atas dukungan Bea Cukai Jakarta dalam pengawasan kegiatan ini,” pungkasnya.