Berita

Bea Cukai Jakarta Gelar Lokakarya Penggunaan Mesin X-ray

Jakarta –Bea Cukai Jakarta menggelar lokakarya penggunaan mesin x-ray guna meningkatkan kemampuan dan kompetensi pegawai dalam mengoperasikan mesin X-ray, pada Kamis - Jumat pekan lalu, 13-14 Desember 2019. Dalam menjalankan tugas, bea cukai menggunakan mesin x-ray untuk memindai barang. Hal ini untuk membantu petugas dalam mendeteksi adakah barang-barang yang dianggap berbahaya seperti narkotika, senjata api, dan bahan peledak.


Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh mengatakan tujuan diadakan lokarkaya ini, agar pegawai bea cukai dapat mengetahui dengan baik seluk beluk mesin x-ray dalam melaksanakan tugas sebagai pemeriksa barang. Menurut Chairul, tidak hanya andal dalam mengoperasikan mesin x-ray, operator juga harus memiliki kemampuan untuk membaca citra x-ray. “(mesin) X-ray hanya membantu kita, namun apabila dirasa perlu dilakukan pemeriksaan mendalam, barang tetap harus dibuka. Dan terus mengasah feeling dalam mendeteksi barang yang mencurigakan,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Penyidik pada Seksi Penindakan Narkotika Direktorat Penindakan dan Penyidikan, Januar Achriza mengatakan salah satu fungsi x-ray yaitu membantu petugas mendeteksi barang-barang terlarang seperti narkotika dan psikotropika. “Pemindaian x-ray membantu kita melihat indikasi narkotika yang disembunyikan,” ungkap Januar. Namun, ia menegaskan citra x-ray bukan sesuatu yang pasti, pemeriksaan fisik tetap diperlukan.


Diharapkan, lokakarya ini dapat meningkatkan kemampuan petugas dalam mengoperasikan mesin x-ray. Pasalnya, melakukan pemeriksaan barang secara benar dan komprehensif dilakukan bea cukai guna mencegah masuknya barang-barang berbahaya masuk ke dalam negeri.

Berikut ini foto-foto kegiatan: