Berita

Bea Cukai Jakarta Meraih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian PAN-RB.

Alhamdulillah, perjuangan selama satu tahun terakhir berbuah manis. Bea Cukai Jakarta dinobatkan sebagai unit kerja dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Kementerian PAN- RB. Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh menerima langsung penganugerahan zona integritas (ZI) wilayah bebas dari korupsi di Jakarta, Selasa (10/12).

Chairul menyampaikan Bea Cukai Jakarta merupakan satu dari 28 unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang berhasil meraaih predikat ZI WBK dan WBBM pada 2019 ini. “Kita patut bangga berhasil mendapatkan penghargaan ini, namun yang lebih penting adalah terus mempertahankan budaya integritas,” ungkapnya.

Chairul melanjutkan, semakin bertambahnya satuan kerja yang mencanangkan ZI di Bea Cukai merupakan aksi nyata Bea Cukai dalam reformasi birokrasi agar dapat mewujudkan instansi pemerintah yang benar-benar bebas dari korupsi dan bersih dalam melayani.

Diketahui, sejak April 2018 Bea Cukai Jakarta berinisiatif secara sukarela dalam pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM. Pada tahun 2019, Bea Cukai Jakarta ditunjuk sebagai kantor yang menerapkan WBK/WBBM hingga sampai pada tahap penilaian akhir oleh Tim MENPAN RB.

Pada kesempatan berbeda, Chairul mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan asistensi yg sudah diberikan oleh Kanwil DJBC Jakarta terutama bidang kepatuhan internal sehingga berhasil mendapatkan predikat WBK.

“Untuk kantor yg sedang mengikuti persiapan penilaian WBK tahun depan, yang perlu diperhatikan adalah peran pimpinan satker sebagai role model,” ungkap Chairul saat rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Kanwil DJBC Jakarta.