Berita

Bea Cukai Jakarta Gelar Apel Khusus Peringatan Hari AntiKorupsi Sedunia

Jakarta – Pagi ini kita berkumpul disini dalam kegiatan Apel Khusus dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, dimana tema DJBC untuk tahun 2019 adalah Bea Cukai Lestari Tanpa Korupsi. Bukan hanya sekedar kegiatan seremonial, kehadiran kita disini adalah perwujudan kesadaran, tekad, dan keinginan yang kuat untuk menghilangkan praktek korupsi dan gratifikasi, hingga DJBC yang bersih dapat memberikan sumbangsih pada pencapaian kesejahteraan rakyat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh saat Apel Khusus Peringatan Hari Antikorupsi sedunia (Hakordia) mengutip Amanat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Senin (9/12/2019).

“Penindakan korupsi oleh aparat penegak hukum memang penting, namun apa yang lebih penting adalah upaya-upaya pencegahan korupsi yang dimulai dari pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan pada umumnya dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada khususnya,” papar Chairul.

Lebih lanjut, dengan tuntutan perkembangan zaman saat ini, masyarakat ingin segala urusan mereka dapat selesai dengan cepat, termasuk urusan dengan pemerintah. Masyarakat pun tidak segan mengambil jalan pintas: dengan suap, uang lelah, uang pelancar, dan segala bentuk negatif lainnya asalkan urusannya selesai. Dalam sistem yang berbelit-belit, akan timbul peluang ASN untuk melakukan moral hazard: memanfaatkan peluang untuk berbuat curang.

“Oleh karena itu,  harus kita sadari bahwa kitalah yang bertanggung jawab memangkas ekosistem korupsi tersebut. Tugas kita lah untuk menciptakah sistem pelayanan yang jelas, ringkas, mudah, dan murah (atau bahkan tanpa biaya),” tegas Chairul.

Buah manis dari upaya keras kita sudah mulai terlihat. Hasil Survei Kepuasan Pengguna Layanan yang dilakukan oleh UGM mencatat indeks kepuasan DJBC pada skala 4,61. Nilai ini naik cukup signifikan dari survei tahun sebelumnya dengan indeks kepuasan sebesar 4.20.

Di sisi lain, survei juga mencatat bahwa seluruh responden pengguna jasa yang disurvei, menyatakan tidak ada biaya tidak resmi di DJBC. Kita patut bersyukur bahwa berbagai upaya DJBC dalam menegakkan integritas dan memberantas korupsi membuahkan hasil yang positif.

“Melalui Peringatan Hari Anti Korupsi tahun 2019 ini saya ingin mengajak Anda semua untuk lebih mencintai institusi ini dengan cara menjaga integritas, kinerja yang akuntabel, bersinergi dalam tugas, efisiensi dalam melayani, dan bersama melawan korupsi untuk mewujudkan Indonesia maju,” pungkas Chairul.

Pada momen peringatan Hakordia tahun ini, Bea Cukai Jakarta melakukan kegiatan stop corruption campaign dengan membagi-bagikan cendera mata kepada masyarakat di sekitar kantor Bea Cukai Jakarta. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengingatkan masyarakat terkait peringatan hari anti korupsi dimana Bea Cukai Jakarta berkomitmen dalam pencegahan korupsi.

Berikut foto-foto kegiatan: