Berita

Sosialisasikan Kewajiban Pencatatan Bea Cukai Jakarta Kunjungi TPE

Jakarta, Rabu (04/12/2019) – Bea Cukai Jakarta melaksanakan kunjungan melalui kegiatan customs visit customer (CVC) ke Tempat Penjual Eceran (TPE) minuman mengandung etil alkohol atau MMEA. TPE yang dikunjungi yaitu Amigos dan Loewy yang berlokasi di Jakarta Selatan. Bea Cukai Jakarta memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada pengguna jasa terkait aturan dan kewajiban sebagai TPE MMEA.

Pada momen ini, disampaikan kepada pengusaha barang kena cukai (BKC) yang telah memiliki Nomor  Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) memiliki kewajiban untuk melakukan pencatatan. Pencatatan Pengusaha TPE MMEA mencakup catatan sediaan MMEA (CSCK-5) serta melaporkan atas pencatatan dilakukan (LACK-11) setiap tiga bulan kepada kantor Bea Cukai yang mengawasi.

Tidak hanya itu, Bea Cukai Jakarta juga menyampaikan informasi terkait pita cukai yaitu cara mengidentifikasi pita cukai yang asli atau tidak serta penggunaan pita cukai yang sesuai peruntukkannya. Diharapkan pengusaha lebih aware terhadap keaslian pita cukai yang melekat pada MMEA.

Pada kesempatan yang sama,  Bea Cukai Jakarta juga melakukan public campaign yang berkaitan dengan pencegahan korupsi berupa pemasangan stiker dan menyampaikan program pembangunan zona integritas di Bea Cukai Jakarta untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) yang dijalankan sejak awal tahun 2018 dan dicanangkan pada awal tahun 2019. Bea cukai jakarta sangat mengharapkan keikutsertaan dan peran serta dari seluruh stakeholder dalam pencegahan korupsi.

Berikut ini foto-foto kegiatan: