Berita

Bea Cukai Jakarta Lakukan Pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) Produk Hasil Tembakau

Jakarta – Bea Cukai Jakarta mengadakan kegiatan pemantauan harga transaksi pasar (HTP) produk hasil tembakau yang terbagi di empat kecamatan yaitu Cilandak, Kebayoran Lama, Duren Sawit, dan Cakung, Jakarta, Senin (16/9).

Pemantauan dilakukan dengan cara mengunjungi toko eceran baik itu ritel modern maupun tradisional. Petugas melakukan pencatatan atas rokok yang diletakkan di etalase toko, di antaranya Merek, Nama Produsen Rokok, HJE, Tarif di pita cukai juga harga jual di toko tersebut. Tidak hanya itu, petugas juga menerangkan terkait ketentuan cukai produk hasil tembaku.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk penyuluhan kepada penjual rokok terkait ciri dan dampak menjual rokok ilegal. Ciri-ciri rokok ilegal seperti menggunakan pita cukai bekas, pita cukai palsu, tidak menggunakan pita cukai atau konten yang dimuat di pita cukai (salah personalisasi/salah peruntukan).

Dari kegiatan ini, diharapkan tidak terdapat ketimpangan harga antara Harga Jual Eceran (HJE) yang telah ditentukan dengan HTP saat ini, yang selanjutnya untuk menentukan HJE di tahun mendatang. Ditambah lagi, masyarakat luas mengetahui kalau rokok yang legal adalah rokok yang telah dilekati pita cukai yang asli juga sesuai peruntukannya.

Pasalnya, rokok dengan pita cukai ilegal tidak hanya berbahaya dikonsumsi tetapi juga merugikan negara dan mengancam industri hasil tembakau.