Berita

Bea Cukai Jakarta Lakukan Pemusnahan BMN

Bogor - Bea Cukai Jakarta bersama PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) melaksanakan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) dari hasil penindakan di Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/9). BMN yang dimusnahkan merupakan hasil operasi tegahan Bea Cukai Jakarta karena didapati melanggar UU Kepabeanan, UU Cukai, dan UU Pornografi.

Barang-barang yang dimusnahkan di antaranya MMEA, produk komestik, obat-obatan dan suplemen, dan produk elektronik yang masuk kategori larangan dan pembatasan. Alasan BMN dimusnahkan karena BMN tidak dapat digunakan, tidak dimanfaatkan, dan atau tidak dipindahtangankan, atau alasan lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 

Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh mengatakan pemusnahan BMN menggunakan fasilitas greenzone PT SBI merupakan kerja sama simbiosis mutualisme. “Ini kali kedua Bea Cukai Jakarta dengan PT SBI melakukan pemusnahan BMN, kami membutuhkan pemusnahan BMN yang aman dengan tidak menyisakan residu yang buruk bagi lingkungan, sementara PT SBI membutuhkan limbah dalam proses produksi semen,” ungkap Chairul.

Manager Operasional SBI, Danang Wibawa menyambut senang kedatangan Bea Cukai Jakarta. “Terima kasih kepada BC Jakarta yang telah mempercayai kami untuk melaksanakan pemusnahan BMN,” ungkap Danang. Ia berharap kerja sama ini akan terus berlanjut ke depannya.

Pada kesempatan yang sama, Humas PT SBI, Noor Aprilia Puspita mengatakan proses pemusnahan di greenzone PT SBI melewati beberapa tahap yang ramah lingkungan. “Kami di SBI mengedepankan aspek kelestarian lingkungan dalam mengolah limbah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, barang-barang yang diterima untuk dimusnahkan melewati beberapa tahapan di antaranya yaitu penghancuran dan pemisahan material menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian, masuk tahap pembakaran dengan suhu mencapai 2000 derajat celcius.

“Dengan suhu mencapai 1000 – 2000 derajat celsius, limbah yang diolah tidak akan tersisa. Sehingga tidak akan berdampak buruk bagi lingkungan,” pungkas Noor.

Berikut foto-foto kegiatan pemusnahan: