Berita

Kunjungan Bea Cukai Jakarta bersama Siswa Diklat Hanggar dan Mahasiswa PKN STAN

Jumat (26/7) Bea Cukai Jakarta bersama mahasiswa PKN STAN dan siswa diklat hanggar pabean dan Cukai melakukan Kunjungan ke perusahan PT. SJ Indonesia (Toko Bebas Bea) dan PT. Jasa Angkasa Semesta (Tempat Penimbunan Sementara).


Toko Bebas Bea itu sendiri merupakan tempat penimbunan berikat untuk menimbun barang asal impor yang tidak dikenakan bea masuk untuk dijual hanya kepada anggota korps diplomatik beserta keluarganya dan orang yang akan pergi ke luar negeri. 

Petugas Bea Cukai pada PT JAS melaksanakan pengawasan barang-barang impor yang masuk melalui Bandara International Halim Perdanakusuma, baik itu yang masuk melalui impor perusahaan jasa titipan maupun impor umum.

Edy Purwanto, Widyaiswara Pusdiklat Bea dan Cukai, dalam sambutannya menyampaikan, “Kunjungan ini sebagai bagian dari Pelatihan Teknis Kepala Hanggar Pabean dan Cukai angkatan T.A 2019, yang bertujuan untuk mengobservasi antara teori yang telah dipelajari selama diklat dengan praktik yang terjadi di lapangan.”

Kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan observasi lapangan perusahaan yang mendapat fasilitas kepabeanan, hal-hal yang berkaitan langsung dengan IT Inventory, proses bisnis serta kendala yang kerap dialami di lapangan.

Para siswa dan mahasiswa juga dibekali pemahanam komprehensif terkait hal-hal yang menjadi tugas fungsi Kepala hanggar guna memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa. 

“Diharapkan melalui kegiatan ini siswa dan mahasiswa dapat menambah pemahaman terkait teori dan praktik pada perusahaan- perusahaan pengguna fasilitas kepabeanan dan cukai dan dapat mengaplikasikannya pada saat bertugas, serta menjadi semakin cermat, teliti, serta selalu menjunjung tinggi integritas dalam melaksanakan tugas pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai”, ujar Chairul Saleh Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta.
#beacukaimakinbaik