Berita

Gempur Rokok Ilegal !, Bea Cukai Jakarta Edukasi Para Penjual Rokok

Jakarta, 22- 26 Juli 2019 – Tim Bea Cukai jakarta melakukan Pemantauan Harga Transaksi Pasar pada 4 kecamatan di wilayah kerja Bea Cukai Jakarta: Tebet, Gambir, Tanah Abang dan Kebayoran Baru.

Bukan tanpa sebab, pemantau harga transaksi pasar dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat ketimpangan harga antara HJE (Harga Jual Eceran) yang telah ditentukan dengan Harga Transaksi Pasar saat ini yang selanjutnya untuk menentukan HJE di tahun yang akan datang.

Disamping itu, juga dilakukan penyuluhan kepada Penjual rokok terkait ciri dan dampak menjual rokok ilegal. Ciri- ciri rokok ilegal seperti menggunakan pitai cukai bekas, pita cukai palsu, tidak menggunakan pita cukai atau konten yang dimuat di pita cukai (salah personalisasi/salah peruntukan). 

Selain melanggar hukum, bahaya menjual dan mengonsumsi rokok ilegal dapat merugikan negara dan industri hasil tembakau, rokok ilegal juga dapat meningkatkan jumlah perokok pemula karena harganya yang murah.

Dengan dilakukannya kegiatan ini, diharapkan masyarakat terutama yang berkaitan langsung dengan peredaran hasil tembakau berupa rokok dapat memahami mengenai ketentuan dan pelanggaran sehingga dapat mengurangi perdaran rokok ilegal.