Berita

CVC, Bea Cukai Jakarta Kunjungi Perusahaan Penerima Fasilitas Pembebasan Cukai

Jakarta, Kamis 11 Juli 2019 – Bea Cukai Jakarta tak henti-hentinya dalam meningkatkan pelayanan dan pengawasan kepada pengguna jasa, salah satunya melalui program Customs Visit Customer (CVC). Tujuan dari kunjungan ini untuk memberikan penyuluhan atau sosialiasi terkait peraturan serta kewajiban yang harus dilakukan oleh pengguna jasa.

Pada CVC kali ini, Bea Cukai Jakarta melakukan kunjungan ke beberapa perusahaan yang mendapat fasilitas pembebasan cukai yakni PT Akasha Wira International dan PT Tunggal. Pada kesempatan ini, Bea Cukai Jakarta menyampaikan terkait kewajiban pengusaha yang mendapat fasilitas pembebasan cukai di antaranya yaitu mengirimkan laporan bulanan penggunaan atau persediaan barang kena cukai (LACK-4) sebelum tanggal jatuh tempo setiap bulannya dan menyelenggarkaan pencatatan (BCK-10).

Bukan tanpa sebab, ketidakpatuhan akan aturan yang berlaku dapat mengakibatkan pencabutan fasilitas pembebasan cukai yang diberikan oleh Bea Cukai.

Tidak hanya itu, CVC kali ini juga melakukan bimbingan kepatuhan kepada pengusaha yang menjual minuman mengandung etil alkohol yaitu PT Tak Tak International (Daon) dan PT Staco Graha (Riva). Pada momen ini, disampaikan kepada pengusaha perihal identifikasi pita cukai palsu, melakukan pencatatan persediaan barang kena cukai, dan memajang piagam NPPBKC di tempat terbuka yang mudah terlihat di lokasi usahanya atau outlet yang menjual minuman mengandung etil alkohol.

Diharapkan, melalui kegiatan CVC potensi pelanggaran yang dapat terjadi dapat dihindari dan tentu meningkatkan kepatuhan pengguna jasa terkait peraturan yang berlaku.