Berita

Jakarta, Selasa 18 Juni 2019 – Bea Cukai Jakarta terima kunjungan dari Indonesian Diaspora SME-SMI Export Empowerment and Development (ID SEED), organisasi Indonesia Diaspora yang bergerak di dalam pengembangan UKM-IKM berorientasi ekspor dengan program pembinaan dan pendampingan UKM-IKM Indonesia yang bertujuan untuk mendorong peningkatan ekspor Indonesia ke mancanegara.

Ketua Umum ID SEED, Ira Damayani mengatakan, kunjungan perdana ini bermaksud untuk menjalin kerja sama dan mendapatkan arahan terkait kepabeanan dan cukai.

“Salah satu program yang sedang kami sinergikan dengan Kementerian Koperasi dan UKM yaitu program AMEN (ASEAN Mentoring Entrepreneurship Network) dalam upaya meningkatkan UKM Go Global & Go Ekspor,” ungkap Ira.

Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh menyambut senang kehadiran dari Indonesia Diaspora. Menurutnya, hal ini tentu baik bagi kedua pihak untuk saling mengenal dan mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kegiatan ekspor, khususnya di sektor UKM-IKM.

“Memiliki salah satu tugas sebagai trade fasilitator, Bea Cukai mempunyai program yang disebut KITE-IKM yaitu Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah,” ungkap Chairul.

Chairul menyampaikan, melalui program ini pengusaha mendapatkan beberapa fasilitas kepabeanan dan cukai yaitu pembebasan bea masuk dan tidak dipungut PPN dan PPnBM.

Untuk menopang IKM, terdapat juga Pusat Logistik Berikat (PLB), barang-barang impor yang masuk untuk diexpor kembali bisa dititipkan terlebih dahulu di PLB, ujarnya.

“Dengan begitu, pengusaha dapat menghemat biaya sebab tidak dikenakan bea masuk dan PDRI saat mengimpor bahan baku, mesin atau barang contoh,” pungkas Chairul.

 

Jakarta – Bea Cukai Jakarta menggelar apel rutin bulanan dan halal bi halal pascalibur lebaran Idulfitri 1440 Hijriah, Senin (17/06). Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Chairul Saleh selaku Pembina Apel kali ini menyampaikan pencapaian kantor bea cukai Jakarta memasuki akhir semester I 2019.

Pertama, terkait pencanangan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Bersih Melayani (WBBM). “Kantor kita sudah memasuki tahap penilaian WBK dan WBBM, penilaian dari Kanwil (Kantor Wilayah DJBC Jakarta), dari Kantor Pusat, dan Itjen (Inspektorat Jenderal),” ungkap Chairul.

Chairul mengharapkan tidak terjadi penurunan nilai di level Kementerian PAN-RB. Oleh karena itu, Ia mengimbau kepada seluruh pegawai selalu menjaga komitmen dalam pencanangan WBK-WBBM ini.

“WBK-WBBM adalah kerja tim, sehingga kita harus saling mengingatkan satu sama lain, karena apabila terjadi pelanggaran individu tentu dapat mengurangi penilaian kantor,” ujar Chairul.

Kedua, kepala kantor menyampaikan bahwa target penerimaan cukai belum mencapai target yang diharapkan hingga akhir Mei 2019. “Untuk itu kita terus berupaya dan meningkatkan semangat kerja agar target penerimaan tahun ini tercapai,” tuturnya.

Usai Apel, dilanjutkan kegiatan halal bihalal. “Selamat idul fitri 1440 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin, mari kita manfaatkan momen lebaran ini untuk saling memaafkan” pungkas Chairul.

Jakarta, 22 Mei 2019 – Bulan Ramadan, ketika pahala amal baik dilipatgandakan, menjadi momen yang tepat diisi dengan kegiatan-kegiatan bernilai ibadah kepada Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT. Tak terkecuali bagi Bea Cukai Jakarta, di bulan penuh berkah ini Bea Cukai Jakarta menggelar kegiatan buka puasa bersama. Pada kegiatan ini, Bea Cukai Jakarta turut mengundang anak-anak asuh dari Yayasan Panti Yatim Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Gema Bulan Ramadan 1440 Hijriah.

Jakarta, 1 Juni 2019 – Bea Cukai Jakarta menggelar Upacara Bendera Merah Putih memperingati Hari Kelahiran Pancasila yang mengusung tema “Kita Indonesia Kita Pancasila”. Tak kurang dari 600 orang yang terdiri dari pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dan Instansi sekitar turut hadir mengikuti upacara yang diselenggarkan di area Lapangan Bandara Halim Perdanakusuma.

Jakarta, 20 Mei 2019 – Bea Cukai Jakarta menggelar in house training (IHT) tentang penegakan disiplin di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang berlandaskan pada Surat Edaran Dirjen Bea dan Cukai Nomor SE-14/BC/2018.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Jakarta, Chairul Saleh mengatakan bahwa Bea Cukai Jakarta menyambut antusias diadakannya IHT ini. “Mudah-mudahan dengan semangat kita dapat melaksanakan SE ini dengan optimal,” ungkap Chairul.