Berita

Jakarta – Bea Cukai Jakarta menggelar acara penghargaan bertajuk Bea Cukai Jakarta Awards 2020.  Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Untung Purwoko mengatakan acara ini merupakan bentuk apresiasi  pengguna jasa atas kontribusi dan kerja sama yang telah terjalin atas capaian selama tahun 2019 lalu.

Untung membeberkan capaian yang berhasil diraih Kantor Bea Cukai Jakarta. Pertama, target penerimaan berhasil mencapai sebesar 117,5% dengan jumlah senilai Rp439miliar. Kedua, survei kepuasan Pengguna Jasa meraih indeks 4,66 atau sangat memuaskan. Ketiga, berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

“Berbagai capaian yang berhasil diraih Bea Cukai Jakarta tentu tidak terlepas dari komitmen dan dukungan stakeholders,” ungkapnya.

Pun, seluruh pegawai  Bea Cukai Jakarta terus bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi pengguna jasa dan masyarakat umum.

Dalam acara ini, Bea Cukai Jakarta memberikan delapan kategori penghargaan yang diberikan dari berbagai kriteria yaitu kontribusi pembayar terbesar dan perusahaan terpatuh. Perusahaan yang terpilih untuk mendapatkan penghargaan pada kesempatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Kategori Kontribusi Pembayar Bea Masuk Terbesar                   : PT Trakindo Utama
  2. Kategori Kontribusi Pembayar Cukai Terbesar                           : PT Pantja Artha Niaga
  3. Kategori KB/GB/PLB Terpatuh                                                : PT Akzo Nobel Car Refinishes Indonesia
  4. Kategori TBB (Toko Bebas Bea) Terpatuh                                : PT Duty Free Tama
  5. Kategori Importir Terpatuh                                                    : PT Packet Systems Indonesia
  6. Kategori PPJK Terpatuh                                                         : PT Cipta Krida Bahari
  7. Kategori Pengusaha di Bidang Cukai Terpatuh                          : PT Mitra Indo Maju
  8. Kategori Ground Handling Terpatuh                                        : PT Jasa Angkasa Semesta

Jakarta – Bea Cukai Jakarta melakukan uji coba penggunaan elektronic seal atau segel elektronik untuk pemindahan barang kena cukai (CK.5) di PT Meiyume Manufacturing Indonesia, Jakarta Timur, Kamis (13/2). Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Untung Purwoko mengatakan hal ini bertujuan untuk efesiensi waktu pelayanan saat pembukaan segel.

“Segel elektronik bisa terbuka setelah mendapat otorisasi dari Bea Cukai memalui kode sms,  efesiensi waktu sebab pengguna jasa tidak perlu menunggu petugas datang untuk membuka segel,” ujar Untung.

Untung melanjutkan, uji coba ini akan dilakukan selama satu bulan. “Penggunaan segel elektonik diharapkan dapat memangkas waktu pelayanan di lapangan,” pungkasnya.

Pada momen ini juga, Bea Cukai Jakarta melakukan peninjauan penggunaan etil alkohol pada produksi PT Meiyme Manufacturing Indonesia.

Jakarta - Bea Cukai Jakarta menyambut kedatangan peserta Diklat Hanggar Kepabeanan dan Cukai, Jumat (7/2). Diharapkan observasi yang dilaksanakan di Bea Cukai Jakarta dapat memberikan manfaat dalam pelaksanaan tugas kepabeanan dan cukai. Hal tersebut disampaikan oleh Kasubbag Umum Dewi Uswatun Chasanah dalam sambutannya.

“Selamat datang bagi seluruh peserta diklat, saya harap dari kegiatan ini dapat melihat langsung proses pengawasan dan pelayanan kepabeanan dan cukai di hanggar kantor bea cukai jalarta,” ujar Dewi.

Pada kesempatan ini, sejumlah 29 peserta diklat hanggar kepabeanan dan cukai mengunjungi perusahaan pengguna fasilitas kepabeanan di bawah pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Jakarta yaitu PT Jasa Angkasa Semesta (TPS) dan PT SJ Indonesia (TBB). Kedua perusahaan tersebut, menjadi tempat di mana para peserta diklat melakukan observasi antara teori yang telah dipelajari selama diklat dengan praktik yang terjadi di lapangan.

Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta, Untung Purwoko menyambut 10 (sepuluh) mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN yang akan melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL), Senin (10/2).

"Selama melaksanakan PKL, mahasiswa diharapkan aktif dan antusias, serta dapat memberikan masukan dan saran untuk kantor," pesan Untung.

Selain itu, para mahasiswa dapat mengaplikasikan pembelajaran saat kuliah dalam kegiatan PKL. Hal ini sebagai gambaran dunia kerja di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kelak.

Pelaksanaan PKL Politeknik Keuangan Negara STAN berlangsung mulai 10 Februari 2020 hingga 03 April 2020.

Jakarta – Bea Cukai Jakarta melakukan kunjungan ke Pangkalan Udara Militer (Lanud) Halim Perdanakusuma, Rabu (5/2). Kedatangan Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta Untung Purwoko disambut langsung oleh Komandan Lanud Marsma TNI M Tonny Harjono.

Kepala Kantor Bea Cukai Jakarta Untung Purwoko menyampaikan tujuan dari kunjungan ini yaitu meningkatkan sinergi antarinstansi serta menjalin komunikasi yang baik dengan TNI AU. “Pertemuan seperti ini sangat bermanfaat dalam rangka koordinasi pelaksanaan tugas di wilayah Halim Perdanakusuma,” tuturnya.

Sementara itu, Danlanud Marsma TNI Tonny Harjono menyambut senang atas kunjungan ini. “Ke depan bisa didakan kegiatan bersama antara TNI AU dan Bea Cukai Jakarta,” ujarnya.