Berita

Bea Cukai Jakarta Gelar In House Training Pengendalian Keamanan Teknologi Informas

Jakarta – Bea Cukai Jakarta mengadakan In House Training (IHT) terkait Pengendalian Keamanan Teknologi Informasi, Jumat (27/5).

Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama, Kantor Pengawasan dan Pelayan Bea dan Cukai Tipe A Jakarta, Zulfadly memaparkan tujuan dari Pengendalian Keamanan Teknologi Informasi adalah agar semua pegawai memahami pentingnya keamanan informasi dan tanggung jawab mereka terkait keamanan informasi.
 
“Meningkatnya tren ancaman keamanan informasi di dunia merupakan salah satu penyebab perlunya Pengendalian Keamanan Teknologi Informasi,” ujar Zulfadly.
 
Zulfadly mengatakan ada empat dampak apabila terjadi kebocoran informasi yaitu kehilangan kepercayaan _stakeholders_, kehilangan kekayaan intelektual, _oportunity loss_, dan bocornya rahasia negara.
 
“Ada beberapa dampak yang timbul apabila ada kebocoran informasi di lingkup KPPBC TMP A Jakarta, maka dari itu kita harus melakukan Pengamanan Dokumen dan Pengamanan Ruang Kerja,’’ ungkapnya.
Ke depan, pegawai Bea Cukai Jakarta diharapkan agar lebih waspada terhadap ancaman keamanan informasi yang bisa merugikan diri sendiri.
 
“Diharapkan kepada rekan-rekan Bea Cukai Jakarta agar melakukan _back up_ data pribadi maupun data kantor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkas Zulfadly.